Bisnis Bidang IT Paling Propektif

Abad Informasi

Pada futurulog meramalkan bahwa abad ke-21 merupakan abad informasi dimana peranan informasi sangat menentukan aktifitas dan interaksi antar individu atau institusi yang ada dibelahan dunia ini. Siapa yang menguasai informasi dia yang akan menguasai pasar atau menjadi leader market terhadap produk yang dihasilkan.

Abad informasi ini ditandai dengan berkembang pesatnya penemuan di bidang teknologi dan informasi / ICT (Information and Communication Technology) khususnya di bidang internet dan komunikasi data.

Internet merupakan revolusi di bidang IT yang sangat berpengaruh terhadap perubahan interaksi antar individu atau perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.

Dengan tingkat pemakaian internet yang sudah menyebar keseluruh belahan dunia, maka banyak perusahaan yang melihat ini sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis IT yang memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi produktifitas kegiatan bisnis perusahaan.

Prospektif Bisnis IT

Dunia perbankan dan jasa keuangan, perusahaan telekomunikasi adalah salah satu bidang yang sangat bergantung dengan IT. Bank berusaha semaksimal mungkin memberikan kemudahan kepada nasabahnya dalam bertransaksi baik melalui langsung ke counter bank, ATM, atau delivery channel seperti internet banking, phone dan mobile banking. Bank yang tidak mengembangkan IT untuk menunjang kepentingan bisnisnya dan mempermudah akses nasabah, maka akan ditinggalkan oleh nasabahnya. Hal ini menuntut manajemen bank untuk terus mengembangkan inovasi produknya yang dimotori oleh IT. Perusahaan telekomunikasi juga sangat membutuhkan IT dalam menjalankan roda bisnisnya dimana IT menjadi urat nadi perusahaan dalam mengontrol lalu lintas telekomunikasi dan perangkat penunjang telekomunikasi seperti BTS, pemancar, dan billing system untuk menghitung tagihan pengguna jasa produk yang dikeluarkan oleh perusahaan telekomunikasi tersebut.

Hal ini dilihat oleh para vendor IT sebagai peluang untuk mengembangkan produk-produk yang khusus digunakan oleh perusahaan seperti bank dan perusahaan telekomunikasi tersebut. Saat ini berkembang perusahaan yang vendor baik yang dimotori oleh perusahaan lokal maupun asing yang bersaing memperebutkan celah pasar jasa IT di kedua tersebut.

Prospek bisnis di bidang pengembangan jasa IT di sektor perbankan dan telekomunikasi saat ini sangat menjanjikan untuk secara serius untuk dijadikan sebagai ajang pengembangan bisnis berbasis IT. Pemain-pemain global seperti Oracle, Microsoft, SAP, Misys, dan Silverlake saat ini sudah sangat gencar berekspansi di pasar IT sektor perbankan dan telekomunikasi di Indonesia khususnya dan belahan dunia pada umumnya.

Tidak menutup kemungkinan tenaga-tenaga lokal dan perusahaan lokal Indonesia untuk menjadi penyedia kebutuhan jasa IT di kedua bidang tersebut jika dapat mengembangkan inovasi yang dapat mendapat menambah daya saing client yang mereka miliki di kedua bidang bisnis tersebut.

Satu Tanggapan to “Bisnis Bidang IT Paling Propektif”

  1. pulsa murah Says:

    Trims infonya sangat menarik, untuk masa depan IT lah yang akan memegang peranan sangat kuat dalam segala bidang. bahkan IBM memunculkan semboyan ” are you smarter planet..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: