Fenomena Google Sebagai Mesin Pencari

Sejarah Singkat Google

Google bermula dari kerjasama dua orang mahasiswa Stanford University yaitu Larry Page dan Sergey Brin dalam rangka menyelesaikan program tesis Phd mereka di jurusan Ilmu Komputer Stanford pada awal tahun 1990-an.

Sergey yang ahli matematika dan Larry yang ahli dalam rekayasa komputer bersama-sama menciptkan Google sebagai mesin pencari yang paling hebat saat ini di dunia. Berawal dari ketidak puasan mereka terhadap mesin pencari yang ada saat itu antara lain Alta Vista, Ask Jeeve, Yahoo, dan lain-lain yang tingkat presisi pencariannya tidak memuaskan mereka.

Larry yang berambisi mendownload semua website yang ada ke dalam server kemudian membuat algoritma crawl atau program yang dapat mencari URL website serta mendownloadnya ke server untuk disimpan dan diindex agar memudahkan pencarian. Teknik ini kemudian mereka sebut dengan istilah BackRub yang kemudian dipatenkan dengan nama PageRank yang diambil dari nama belakang Larry.

Google Merambah Dunia

Kerja keras Sergey dan Larry dalam penelitian ilmiah tesis mereka dalam megembangkan teknik pencarian di internet didukung penuh oleh Stanford dan para guru besar pembimbing mereka. Dengan menempati salah satu ruang di gedung William Bill Gate for Computer Science yang berada di lingkungan Universitas Stanford mereka siang malam menyempurnakan penemuan di mesin pencarian. Untuk menguji mesin pencarian tersebut mereka memasangnya di situs resmi univeritas dengan alamat http://stanford.google.edu dengan harapan para civitas akademis di lingkungan universitas dapat menggunakannya sebagai mesin pencarian mereka sehari-hari dan mendapatkan kritik dan saran kepada Sergey dan Larry mengenai kinerja Google.

Dari kampus Stanford para pengguna yang puas dengan kinerja pencarian mesin Google melalui mulut ke mulut secara tidak langsung mempromosikan keunggulan pencarian yang dilakukannya, sehingga dengan sendirinya Google telah mengiklankan dirinya tanpa perlu membayar sepersenpun. Kemampuan Google ini akhirnya menyebar keseluruh dunia, sehingga mengalahkan popularitas mesin pencarian yang terlebih dahulu hadir seperti Alta Vista, Ask Jeeve, Yahoo dan yang lainnya.

Kapasitas pencarian yang terus meningkat menyebabkan Larry dan Sergey untuk meningkatkan kapasitas dari mesin Google baik hardware maupun software penunjangnya. Hal pertama yang mereka lakukan adalah dengan mengajukan permohonan kepada pihak Universitas Stanford untuk dapat memanfaatkan perangkat bekas yang sudah tidak digunakan terutama PC sebagai tempat menyimpan data dan menjalan server Google.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: